Pages

Kamis, 02 Juni 2011

Fakta-fakta menarik tentang Formula 1

Mengaku sebagai pencinta F1? Tunggu dulu. Apakah Anda tahu tentang fakta-fakta menarik tentang F1 ini?

1. Rem Cakram Bersuhu 750°C



Mobil F1 memiliki kemampuan untuk mempercepat lajunya hingga 200 km/jam dan berhenti ketika di rem hanya dalam 4 detik.
Berat mobil yang ringan, rem cakram berukuran besar dan kaliper rem memungkinkan hal ini. Tapi tahukah agan, jika agan melihat cakram rem tersebut setelah mobil berhenti, agan akan menemukan cakram tersebut berwarna merah membara memiliki suhu 750°C.


2. Ketika 0.1% mencangkup lebih dari 80 komponen



Untuk membuat sebuah mobil F1 yang 'lengkap', jumlah rata-rata komponen yang dibutuhkan mencapai 80.000. Hal ini meliputi mesin, perakitan bagian sayap, sistem KERS, sistem suspensi, dan lainnya. Jika komponen mobil F1 agan salah dirakit 0,1% saja, setidaknya akan ada 80 komponen lainnya yang membuat agan kalah dalam pertandingan



3. 18,000 RPMs




Di tahun 2011, kecepatan putar mesin mobil F1 hanya dibatasi sebesar 18.000 RPMs. Sedangkan, mobil yang biasa agan gunakan hanya memiliki kecepatan putar mesin sebesar 6-7.000 RPMs? Apakah agan masih berpikir 18.000 RPMs itu lambat?



4. Mobil anda lebih berat dari mobil F1 !




Jika agan berpikir mobil F1 berat, berat rata-rata sebuah mobil F1 hanya 640kg dengan kekuatan 600 - 750 Bhp. Segeralah cek berat mobil agan, dan agan akan merasa mobil agan berat!



5. Penutup Jalanan (lintasan balap) harus dikencangkan




Jika pertandingan F1 dilakukan di sirkuit jalanan, seperti di Monaco dan Singapura, penutup lubang yang ada di jalanan harus di rapatkan demi kepentingan pertandingan tersebut. Bukannya kami takut akan kemungkinan ada Kura-Kura Ninja yang muncul dari lubang tersebut, tapi kecepatan mobil F1 yang sedang melesat cukup untuk membuat penutup lubang jalanan tersebut terlempar ke udara.



6. Ketika Mengerem, Rasanya Seperti Menabrak Sebuah Tembok




Saat mobil dalam kecepatan maksimalnya, sebuah mobil F1 hanya butuh waktu 4 detik untuk berhenti. Agan pasti dapat membayangkan tekanan yang dialami oleh pembalap tersebut saat mobilnya mengerem. Untuk membandingkannya, agan hanya perlu membayangkan tekanan yang agan rasakan saat mobil agan menabrak sebuah dinding bata dalam kecepatan 300km/jam.



7. Ban nitrogen


Ban-ban mobil F1 diisi oleh nitrogen. Hal ini disebabkan nitrogen lebih stabil dalam menghadapi tekanan di ban.



8. F1 adala olahraga paling baik untuk menurunkan berat badan agan


Jika agan ingin menurunkan berat badan secara cepat, mengapa agan tidak mempertimbangkan menjadi seorang pembalap F1? Hanya dengan 2 jam bertanding, berat badan seorang pembalap bisa berkurang sebanyak 4 kg! Ya, 4kg! Apakah agan tertarik untuk 'diet' baru ini?



9. Ban mobil F1 menguap layaknya air


Ban mobil agan pada umumnya akan dapat bertahan untuk digunakan sejauh 60.000 - 100.000 km. Tapi sebuah ban mobil F1 hanya dapat digunakan sejauh 100km, itu pun tergantung seberapa lambat agan mengemudikan mobil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan Link Sobat Disini