Pages

Senin, 12 September 2011

Inilah 10 Fakta Unik Tentang Mimpi


Mimpi adalah bunga tidur. Yah, ternyata mimpi juga terdapat beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui. Inilah fakta-fakta unik tentang mimpi:


10. Orang Buta juga Bisa Bermimpi

Orang buta ternyata juga bisa bermimpi. Orang yang mengalami kebutaan setelah lahir (sebelumnya bisa melihat, namun kemudian mengalami kebutaan) dalam mimpinya dapat melihat citra/gambar. Sedangkan orang yang mengalami kebutaan sejak lahir, tidak dapat melihat citra/gambar dalam mimpinya, namun mempunyai mimpi yang melibatkan indra-indra lainnya seperti pendengaran, penciuman, sentuhan, emosi dan lain-lain.

9. Kita melupakan 90% mimpi kita

Dalam 5 menit setelah kita terbangun dari mimpi, setengah dari mimpi yang kita alami akan terlupakan. Sedangkan dalam 10 menit, 90% mimpi tersebut telah terlupakan. Namun demikian, Robert Louis Stevenson, pengarang cerita Doctor Jekyll and Mr. Hyde mendapatkan inspirasi cerita tersebut ketika ia sedang bermimpi.

8. Semua Manusia Bermimpi

Setiap manusia (kecuali yang mengalami gangguan psikologis yang ekstrim) mengalami mimpi. Namun demikian, pria dan wanita mempunyai mimpi dan reaksi psikologis yang berbeda. Pria cenderung bermimpi tentang pria lainnya, sedangkan wanita mempunyai mimpi dengan kecenderungan yang sama untuk pria dan wanita. Sebagai tambahan, jika pria dan wanita mengalami mimpi yang erotis/seksual keduanya akan memberikan reaksi psikologis pula. Pada pria akan mengalami ereksi, sedangkan pada wanita akan terjadi peningkatan aliran darah ke Mrs.V.

7. Bermimpi Mencegah Psychosis

Apa itu Psychosis ?? Lebih lengkap baca di wikipedia ya…!! =p Intinya psychosis itu adalah gangguan kejiwaan seperti halusinasi, delusi, pemikiran yang tidak fokus atau secara general psychosis adalah kegilaan…!!

Menurut penelitian, orang-orang yang terbangun pada saat awal mimpinya, kemudian dilanjutkan dengan tidur normal selama 8 jam mengalami kesulitan konsentrasi, halusinasi, dan pertanda psychosis lainnya setelah 3 hari. Oleh karena itu, ada baiknya kalo mimpi diselesaikan sampe tamat…. (emang bisa diatur ya ??

6. Kita Memimpikan Orang-Orang yang Pernah Kita Lihat
Mimpi kita seringkali dipenuhi wajah orang-orang asing yang tidak kita kenali. Namun tahukah anda bahwa wajah orang yang ada dalam mimpi anda merupakan wajah orang-orang yang pernah anda lihat sebelumnya ? Pembunuh berantai dalam mimpi anda, mungkin adalah supir taksi yang mengantar anda bulan lalu ke bandara. Kita menjumpai ratusan atau mungkin ribuan wajah dalam hidup kita sehingga otak dapat menciptakan beragam karakter berdasarkan wajah yang kita ingat tersebut.








5. Tidak Semua Orang Mempunyai Mimpi yang Berwarna


Menurut penelitian, 12% orang dengan penglihatan normal hanya bermimpi dalam warna monokromatik (hitam-putih). Sedangkan sisanya mempunyai mimpi yang berwarna. Apakah anda termasuk dalam 12% pemimpi monokromatik ??


4. Manusia Mempunyai Kecenderungan Mimpi dengan Tema yang Sama


Beberapa tema umum yang sering dimimpikan oleh setiap orang adalah situasi yang berhubungan dengan sekolah, dikejar oleh seseorang atau sesuatu, berlari perlahan atau berlari di tempat, pengalaman seksual (mimpi basah =p), terjatuh, terlambat menghadiri sesuatu, memimpikan seseorang yang masih hidup meninggal, gigi yang tanggal, terbang, gagal dalam ujian, dan kecelakaan mobil.


3. Orang yang Berhenti dari Suatu Kecanduan Memimpikan Benda Tersebut


Menurut penelitian dari Journal of Abnormal Psychology 293 orang perokok yang berhenti merokok selama 1-4 minggu, 33% diantaranya memimpikan rokok atau bermimpi tentang rokok dalam mimpinya.


2. Stimulan Eksternal Mempengaruhi Mimpi Kita


Hal ini sering disebut Dream Incorporation, yang sering dialami adalah suara sesuatu yang kita dengar pada saat sedang bermimpi juga akan terdengar dalam mimpi kita. Contoh lainnya adalah ketika bermimpi dalam keadaan haus, maka ada kemungkinan dalam mimpi anda, anda akan memimpikan meminum sesuatu atau memimpikan mengalami kehausan.


1. Tubuh Kita Lumpuh pada Saat Tidur


Percaya atau tidak, tubuh kita mengalami kelumpuhan virtual selama tidur, kemungkinan besar bertujuan untuk melindungi tubuh kita bertindak seperti yang terjadi dalam mimpi kita.












Sumber

1 komentar:

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    BalasHapus

Masukkan Link Sobat Disini