Pages

Jumat, 08 April 2011

Garuda Wisnu Kencana, Calon Patung Tertinggi di Dunia

http://3.bp.blogspot.com/_VHVi4uhIAHo/TLbCuUyxRZI/AAAAAAAAALo/lEawr1OA_KQ/s1600/garuda-wisnu-kencana-gwk.jpg

Sebuah mahakarya bangsa Indonesia berdiri 150 meter dengan bentangan sayap 64 meter dan direncanakan menjadi patung tertinggi di dunia mengalahkan Liberty di Amerika Serikat yang tingginya 135 meter. Dirancang dan dibangun oleh Nyoman Nuarta, salah satu pematung modern terkemuka di Indonesia pada tahun 1990an, patung GWK terletak di Bali selatan tepatnya di bukit Ungasan, berdekatan dengan kampus Udayana dan menggunakan lahan kapur yang tandus dan kering.

Terbuat dari lebih dari 4000 ton tembaga dan kuningan, patung ini menggambarkan Dewa Wisnu, sebagai sumber hikmat, naik di belakang mitos burung Garuda sebagai manifestasi kesadaran terhadap Amerta, kebaikan abadi.

Patung itu nanti juga akan dilapisi emas di bagian-bagian tertentu. Hingga kini, biaya yang sudah dihabiskan mencapai Rp 30 miliar. Kemilau emas yang terkena sinar matahari nantinya dapat terlihat dari kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot. Lebih eksotis lagi, GWK akan menjadi “penyambut” para wisatawan yang datang ke Bali saat pesawat tiba di Bandara Ngurah Rai Denpasar. Diharapkan mampu menjadi ikonnya Bali di dunia dan terutama meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Indonesia. bagi Indonesia

Patung GWK akan dikelilingi oleh lebih dari 240 hektar taman budaya yang awalnya merupakan tambang batu kapur yang ditinggalkan dan tidak produktif. Taman budaya akan memberikan atraksi bagi pengunjung lokal dan asing dengan fasilitas pendukung seperti Lotus Pond, Taman Festival, Amphitheatre, Street Teater, Exhibition Hall, serta Jendela Bali Resto Panoramic dan toko souvenir. 

Saat ini penyelesaian patung GWK baru sekitar 30%, dan terdapat 3 patung yang terletak di taman yang berbeda-beda.

Patung Wisnu

http://3.bp.blogspot.com/_A_F1_4REjMA/TP7kCbYSVOI/AAAAAAAAAWM/8EkoxvvRJz8/s1600/gwk.jpg

Sebagai titik anchor GWK, 20 meter patung tembaga tinggi dari Wisnu Tuhan telah ditempatkan sementara di bukit tertinggi Ungasan mana pengunjung dapat menikmati matahari terbenam atau matahari terbit di atas pemandangan indah Kuta, Benoa dan Sanur.
 
Patung Wisnu adalah sebuah gambaran dari Tuhan Yang Maha Esa dalam mempertahankan dan merawat semua kehidupan dan yang nya. The Dewa Wisnu adalah pemilik Amerta dalam bentuk air sebagai sumber kesuburan, memberikan kekayaan dan kehidupan alam semesta.

Patung Garuda

http://galerikata.com/wp-content/uploads/2010/04/Garuda-Wisnu-Kencana.jpg

Tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara.
Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

Patung Tangan Wisnu

 http://www.bali-borneo.cc.cc/img/product/2009/200912/20091217/283788_3_Gwk_Garuda_Wisnu_Kencana.jpg

Patung tangan Wisnu adalah ditambahkan ke GWK Taman Budaya pada tahun 2007. Ini satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Rencana Patung Jika Sudah Jadi



http://2.bp.blogspot.com/_zwVYq8NdRIs/TPieq0BcGyI/AAAAAAAABrM/ZVdZtCiIgrc/s1600/457583458ylxAEJ_fs.jpg

Meski pembangunanya belum sempurna, patung GWK sudah mampu menarik pengunjung baik lokal maupun turis asing. Beberapa kali acara televisi dan konser juga menggunakan kawasan ini sebagai lokasi syuting dan melaksanakan acaranya, biasanya konsernya diadakan didepan patung Garuda, yang memang memiliki luas lahan yang cukup untuk acara – acara besar.

Semoga saja patung ini cepat terselesaikan sehingga bentangan sayap dan tajamnya sorotan Garuda itu benar-benar mengemparkan dunia.

Situs resmi GWK: http://gwk-culturalpark.com/ 

Dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan Link Sobat Disini